Thunderbolt Siap Masuk ke PC Windows

TAIPEI, TAIWAN - Thunderbolt yang saat ini masih tersedia hanya pada platform Apple Macintosh, akan segera masuk ke PC berbasis Microsoft Windows.

Sejak diperkenalkan pertama kali pada awal 2011 lalu, Thunderbolt, sebuah teknologi antarmuka keluaran Intel yang mampu menghadirkan aliran data hingga 10 gigabit per detik, hanya tersedia pada komputer Apple Macintosh.

Penggunaannya pun masih terbilang minim karena belum terlalu banyak perangkat yang menggunakannya.

Menyambut gelaran Computex 2012, Intel mengadakan acara "Thunderbolt Technology Update" di Taipei, Taiwan untuk melihat kembali perkembangan Thunderbolt semenjak kemunculannya pertama kali, serta target-target yang akan dicapai selanjutnya.

Acara ini dihadiri oleh Jason Ziller, Director of Thunderbolt Marketing and Planning sebagai pembicara. Ziller mengatakan bahwa antarmuka Thunderbolt akan dipersiapkan untuk masuk ke platform PC Windows dan juga ultrabook. Pengembangan selanjutnya juga akan mendayagunakan Thunderbolt sebagai antarmuka untuk berbagai macam perangkat dan kebutuhan.

Selain itu, harga kabel Thunderbolt yang saat ini cukup tinggi juga akan semakin terjangkau karena Intel telah menunjuk sejumlah produsen kabel untuk menciptakan kabel Thunderbolt yang harganya lebih terjangkau.

Untuk mempersiapkan masuknya antarmuka Thunderbolt ke PC Windows, sejumlah produsen juga telah menyiapkan berbagai macam perangkat berbasis Thunderbolt, serta sedang mengupayakan sertifikasi driver Windows agar dapat digunakan secara maksimal dan optimal.

Pihak Intel sendiri tidak menyebutkan kapan proses sertifikasi driver ini akan selesai, namun di acara ini Intel juga memajang sejumlah motherboard, notebook, ultrabook, serta all-in-one PC yang sudah memiliki antarmuka Thunderbolt. Sementara kabel-kabel Thunderbolt yang lebih terjangkau akan tersedia pada paruh kedua tahun 2012.







( sumber : http://www.infokomputer.com/reguler/thunderbolt-siap-masuk-ke-pc-windows )